Ada Apa Saja di Tegal(an)?

Tegalan merupakan lahan kering yang ditanami dengan tanaman musiman atau tahunan. Lahan ini biasanya jauh dari jangkauan saluran irigasi. Lahan ini biasanya akan digarap saat musim hujan tiba. Saat musim kemarau biasanya lahan ini tinggal menunggu panen dari tanaman sebelumnya. Proses panen bisa dilakukan sebanyak dua kali dengan jenis tanaman yang berbeda. Pada awal musim penghujan biasanya ditanami dengan tanaman yang memiliki umur tidak terlalu panjang. Hal ini dilakukan supaya saat musim hujan belum selesai tanah sudah bisa ditanami kembali. Tanaman pada periode kedua ini merupakan jenis yang bisa bertahan dengan kebutuhan air yang sedikit. Kebutuhan airnya akan terpenuhi saat musim hujan masih ada.


Sebelumnya saya pernah menulis sawah dan penghuninya, kali ini saya akan menuliskan tentang tegalan. Apa saja sih yang bisa kita temukan saat kita di tegalan? Sebagai anak desa, saya sudah terbiasa bermain di tegalan. Jalan menjadi salah satu tempat bermain saat kecil karena dekat dengan pemukiman. Walaupun cuaca panas dan membuat kulit menghitam tetapi ada keseruan tersendiri. Banyak hal yang bisa kita temui saat kita berada di tegalan. Salah satu hal yang saya lakukan saat pulang dari perantauan adalah berkunjung ke tegalan. Banyak keseruan yang bisa kita dapatkan terutama mengingat memori masa kecil.


Wilayah desaku termasuk daerah dataran rendah sehingga tanaman musiman yang ditanam biasanya adalah palawija. Jenis palawija yang ditanam biasanya adalah kacang tanah, kedelai, kacang hijau, dan jagung. Tanaman tersebut biasanya ditanam saat awal musim hujan. Sementara untuk tanaman kedua biasannya singkong. Singkong akan mulai ditanam saat tanaman pertama sudah mulai tumbuh, hal ini supaya singkong bisa dapat air saat musim hujan. Saat tanaman pertama sudah mulai dipanen maka singkong sudah mulai tumbuh besar. Selain itu ada juga yang menanam beberapa jenis sayuran seperti terong, mentimun kacang panjang, pare, kangkung dan beberapa jenis sayuran lainnya. Tanaman tahunan, biasanya terdapat jeruk, jambu air, jambu biji, dan bunga melati.


Tanaman tahunan ini biasanya akan diganti dengan yang baru saat produksinya sudah menurun. Di sela tanaman-tanaman ini biasanya juga ditanami tanaman lain seperti sayuran ataupun rempah. Tanaman-tanaman ini hanya dijadikan sebagai selingan sembari menunggu tanaman berbuah dan panen. Dengan adanya berbagai jenis tanaman terdapat juga berbagai jenis hewan-hewan yang bisa kita temui. Antara lain:
Belalang


Belalang Sembah


Capung


Kupu-kupu


Bekicot


Tawon


Kadal


Laba-laba 


Jangkrik


Serangga



Selain hewan ada tanaman-tanaman yang bisa kita temui juga antara lain:
Murbei


Kencur


Jagung


Sorgum


Singkong


Sirsak


Jadi adakah tegalan di daerahmu ? Hal apa yang bisa kamu temui?



ARTIKEL TERKAIT

0 COMMENTS

LEAVE A COMMENT