Es Mang Cawa

Setelah makan pastinya kita akan membutuhkan minuman. Minuman yang bisa mendorong makanan supaya masuk ke dalam perut. Hal ini pasti akan kita lakukan setelah menyantap makanan. Minuman juga berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh kita. Semakin banyak kita beraktivitas maka kebutuhan cairan kita juga akan semakin meningkat. Jika tubuh kita kekurangan cairan maka bisa berakibat dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut maka kita harus rutin untuk minum terutama minum air putih. Kebutuhan cairan harian setiap orang berbeda-beda. Faktor yang mempengaruhi perbedaan ini diantaranya adalah berat badan dan juga jumlah aktivitas yang dilakukan. Salah satu cara untuk mengetahui dehidrasi adalah melalui warna urine. Jika kita mengalami dehidrasi maka urin akan berwarna kuning. Semakin pekat warna kuning maka tingkat dehidrasi juga semakin parah. Untuk itu kita perlu secara rutin mengkonsumsi minum terutama air putih.

Minum air putih terus menerus juga bisa menimbulkan kebosanan. Walaupun baik tetapi kita tidak boleh minum air putih berlebihan. Untuk mensiasati kebosanan yang terjadi orang-orang biasanya mencampurkan air putih dengan multivitamin. Ada juga yang mengkombinasikannya dengan berbagai macam buah, sirup dan beberapa bahan lainnya. Untuk menambah kesegaran biasanya juga ditambahkan dengan es. Di Indonesia terdapat banyak sekali macam-macam es mulai dari es campur, es buah, es dawet, es doger, dan berbagai macam es yang lainnya. Di Pandeglang terdapat salah satu es yang terkenal yaitu es mang Cawa.


Es mang Cawa ini merupakan sejenis es campur bahkan mirip seperti bubur. Es ini disajikan dalam gelas besar yang berisi air gula merah, sagu mutiara, kacang ijo, santan dan pastinya es batu. Pertama disajikan es ini akan memiliki empat warna yaitu coklat, merah muda, hijau, dan putih. Warna coklat berasal dari air gula merah. Warna merah muda berasal dari sagu mutiara. Warna hijau dari kacang hijau rebus. Warna putih berasal dari santan. Supaya rasa manis menjadi merata maka kita harus mengaduknya dan bentuknya akan berubah seperti bubur kacang hijau. Minuman ini tergolong manis banget sehingga jika tidak suka manis maka bisa minta untuk dikurangi air gulanya. 


Es mang Cawa berlokasi di perempatan sebelah lembaga pemasyarakatan kabupaten Pandeglang. Atau lebih tepatnya di depan SMPN 4 Pandeglang. Satu porsi es ini seharga 8.000. Untuk menuju sini dari alun-alun Pandeglang kita ambil arah ke barat. Setelah melewati Kantor Bupati akan ada tower air kita ambil arah ke kanan lurus sejauh sekitar 200 meter akan bertemu dengan perempatan. Dari perempatan kita ambil arah ke kiri atau ke arah barat sekitar 50 m di kiri jalan Akan terdapat warung ini. Tempatnya tidak terlalu luas karena mereka berjualan di gerobak dan hanya menyediakan beberapa kursi. Selain berjualan es warung ini juga berjualan bakso. Sehingga kita bisa makan bakso dan minum es mang cawa di satu tempat. Selain di tempat ini, terdapat juga cabang di dekat perempatan kadubanen. Dari perempatan kita ambil arah lurus atau arah ke kota sejauh sekitar 1 km. Saat di tanjakan sebelum pertigaan kuburan akan ada warung di sebelah kiri jalan yang menjual es ini.

Selamat mencoba es mang cawa...

ARTIKEL TERKAIT

0 COMMENTS

LEAVE A COMMENT