Hari 15 : Kaduengang

    Pandeglang merupakan wilyaha yang berada di bagian selatan dan barat Provinsi Banten. Wilayah ini termasuk salah satu yang terluas selain Kabupaten Lebak. Dengan wilayahnya yang luas, Pandeglang memiliki beragam letak geografis. Wilayah pantai beraa pada bagian sisi selatan hingga sisi barat. Sementara untuk sisi timur dan utara geografisnya lebih ke dataran tinggi dan dataran rendah. Beberapa daerah dataran tinggi yang terkenal adalah gunung karang dan gunung pulosari. Ukuran gunung karang lebih terlihat besar dibandingkan gunung pulosari. Seperti daerah-daerah lain, wilayah sekitar gunung memiliki daya tarik tersendiri untuk pariwisata. Selain udaranya yang sejuk, biasanya memiliki pemandangan yang bagus dan menenangkan begitu juga dengan gunung karang.

    Terdapat berbagai macam wisata di kaki gunung karang, salah satunya adalah Saung biru. Tempat ini berada di daerah kaduengang dam masuk wilayah kecamatan cadasari. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Pandeglang, yaitu arah barat laut alun-alun. Untuk sampai disana kita hanya bisa menggunakan tranportasi pribadi karena hingga saat ini belum tersedia transportasi umum. Tempat ini bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi jika ingin bersantai sembari menikmati pemandangan dan udara sejuk. Beberapa waktu yang lalu, Saung biru menjadi perbincangan warganet dengan foto yang berlatar belakang tulisan "PANDEGLANG" di bukit, mirip seprti holywood. 

    Seperti halnya tempat lain yang sedang banyak bermunculan akhir-akhir ini, tempat ini juga menawarkan spot yang instagramable. Terdapat cafe dan beberapa warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Salah satu titik yang menjadi spot foto adalah tempat duduk yang berlatar  belakang tulisan di bukit. Selain itu ada juga yang mirip seperti rumah-rumah tradisional. Bagi pecinta camping, tempat ini juga bisa menjadi pilihan karena memiliki tempat yang lumayan luas dan cocok untuk mendirikan tenda. Pengunjung akan semakin rame apabila memasuki akhir pekan. Selain dikunjungi siang hari, tempat ini juga biasanya dikunjungi saat malam untuk melihat pemandangan lampu-lampu kota dari kejauhan.

    Saat berkunjung ke tempat ini, aku menggunakan sepeda dan berangkat dari rangkasbitung. Jarak dari dari rangkasbitung hingga ke lokasi sekitar 40-50 KM. Sementara untuk waktu yang dibutuhkan 4-5 jam perjalanan dengan kecepatan sedang. Jalur yang dilalui dari rangkasbitung hingga pusat kota pandeglang berupa jalan aspla yang cukup ramai. Saat mendekati daerah warunggunung kita akan mulai disuguhi tanjakan-tanjakan kecil hingga tanjakan curam mendekati pusat kota pandeglang. Sementara jalur dari pusat kota menuju lokasi berupa jalan sempit yang lumayan sepi namun banyak tanjakan yang akan ditemui. Jalan menanjak akan ditemui sampai persimpangan menuju kampung domba dan kaduengang. 

    Dari persimpangan kita memilih jalur arah utara dan terus mengikuti jalan tersebut. Jalur yang dilewati masih sama yaitu jalan beraspal yang lumayan smepit. Sepanjang jalur ini kita akan melewati perkampungan dan perkebunan. Jarak antar kampung lumayan jauh dengan pemisah berupa perkebunan. Di jalur itu juga kita akan melewati gerbang timur puncak gunung karang. Jalur ini merupakan jalan menuju ke pos pendakian gunung karang. Dari sini kita harus terus mengikuti jalan dan akan menjumpai jalan menanjak dan berkelok sebelum sampai di pintu masuk wisata kaduengang.



    Dari pintu masuk kita harus melewati tanjakan curam dengan kondisi jalan yang rusak berat. Jika kita menggunakan sepeda, bisa dibawa hingga atas. Menggunakan sepeda motor juga bisa namun memerlukan keahlian dan kebenarian yang ekstra. Selain melalu jalan ini, ada alternatif lain yang tidak terlalu curam. Jalan ini berada di arah depan dari pintu masuk yang pertama serta lumayan memutar. Kondisi jalan yang kedua juga rusak berat sehingga perlu keahlian dan keberanian ekstra pula. Makanya jika kita akan berkunjung disarankan untuk jalan kaki dari pintu masuk demi keamanan dan keselamatan.

    Sesampainya diatas kita bisa beristirahat di tempat duduk yang sudah disediakan. Terdapat juga spot foto tamabahn dengan angel yang bagus. Kita juga bisa memesan makanan dan minuman dari warung-warung yang ada disana. Saat aku berkunjung, tempat ini masih dalam tahap renovasii dan pengembangan. saat itu sedang ada renovasi mushola dan toilet yang ada. Pastikan untuk mempersiapkan kendaraan anda sebelum bernagkat demi keamanan dan keselamatan. Disekitar tempat ini juga masih banyak tempat wisata lain salah satunya adalah kampung domba. Ulasan mengenai tempat itu akan aku ceritakan di tulisan lainnya.


#menyusurisudutnegeri #28haribercerita

ARTIKEL TERKAIT

0 COMMENTS

LEAVE A COMMENT