Tanjung Layar: Pesona Wisata Lebak

Wisata alam di kabupaten Lebak sangat beragam. Selain wisata alam gunung Luhur Lebak juga memiliki wilayah wilayah pantai. Batas wilayah bagian selatan Lebak membentang garis pantai dari sebelah timur berbatasan dengan Sukabumi dan sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Pandeglang. Sepanjang Garis pantai inilah potensi wisata alam kabupaten Lebak berlimpah. Salah satu wisata pantai yang menjadi ikon wisata kabupaten Lebak adalah pantai Tanjung layar. Pantai ini berada di desa wisata Sawarna.


Desa wisata Sawarna pakan desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Bayah kabupaten Lebak. Di desa wisata ini terdapat berbagai macam objek wisata terutama wisata pantai. Dimulai dari sisi barat yaitu pantai pulau manuk hingga di sisi timur yaitu pantai karang taraje. Namun untuk pembangunan lebih difokuskan di daerah pantai Ciantir dan pantai Tanjung layar. Di daerah ini sudah dibangun berbagai homestay dan fasilitas penunjang lainnya. Homestay berada di perkampungan warga dengan jarak sekitar 100 meter sebelum bibir pantai. Tiket masuk ke area wisata pantai ciantir dan Tanjung layar adalah 5.000 per orang. Harga tiket ini adalah awal tahun 2021 saat saya berkunjung ke sana. Pantai Tanjung layar berada sekitar 500 meter di sebelah kiri dari pantai ciantir.


Pantai Tanjung Layar lupakan pantai yang berada di area wisata desa wisata Sawarna. Nama pantai ini diambil dari dua buah batu karang yang berdiri di pinggir pantai dan membentuk seperti layar kapal yang mengembang. Di pantai ini biasanya para wisatawan mengambil foto dengan latar belakang batu karang tersebut. Berfoto di pantai ini kita juga diperbolehkan untuk berenang. Pantai ini juga memiliki ombak yang tinggi dan bisa digunakan untuk olahraga selancar. Itu tersedia juga lapangan bola voli di pinggir pantai. Di area wisata ini juga tersedia penginapan dan warung makan.




Desa wisata Sawarna maupun pantai Tanjung layar berlokasi di wilayah Lebak Selatan. Jarak dari Rangkasbitung adalah sekitar 130 km. Untuk menuju ke sini kita bisa menggunakan transportasi umum yaitu bus. Kita bisa naik bus dari Terminal Lama Rangkasbitung atau di depan stasiun Rangkasbitung. Jadwal keberangkatan bus ini hanya tersedia 2 kali dalam sehari yaitu setengah delapan pagi dan sekitar jam satu siang. Begitu juga dengan transportasi arah sebaliknya. Dengan menggunakan bus ini kita akan sampai di desa Sawarna dan tinggal berjalan beberapa ratus meter untuk sampai di pantai. Dari arah Rangkasbitung Kita juga bisa menggunakan transportasi umum dari arah Sukabumi.



Waktu yang tepat saat anda akan berkunjung ke tempat ini. Hindarilah waktu libur panjang karena biasanya lantai ini akan dipenuhi dengan wisatawan lokal. Rencanakanlah waktu anda dengan matamu karena di sekitar pantai ini juga terdapat objek wisata lain. Selamat merencanakan liburan dan selamat berwisata di pantai Sawarna........




ARTIKEL TERKAIT

0 COMMENTS

LEAVE A COMMENT